Beranda » Info Terkini » Kompetisi Paralayang Festival Danau Toba
Kompetisi Paralayang Festival Danau Toba
Senin, 29 Juli 2013 22:54:59 - 895 views
Kompetisi Paralayang Festival Danau Toba

Paralayang adalah salah satu cabang olahraga terbang yang saat ini semakin populer di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah perlombaan yang dilangsungkan di Indonesia 5 hingga 8 perlombaan tiap tahunnya, dengan beberapa lomba bertaraf internasional.

Seiring meningkatnya jumlah lomba dan peminat paralayang nasional. Presetasi atlit-atlit Paralayang Indonesia juga cukup diperhitungkan di dunia Internasional. Asian Beach Games I tahun 2008 yang diselenggarakan di Bali menjadi ajang unjuk kemampuan paralayang Indonesia dengan menymbangkan 7 medali emas bagi kontingen Indonesia sekaligus menjadi juara umum cabang paralayang. Dilanjutkan dengan kejuaraan Paragliding Acuraccy World Cup (PGAWC) 2011 yang dilaksanakan di Serbia, atlit putri paralayang Indonesia berhasil menyapu bersih Medali Juara satu, Juara dua dan Juara tiga. Pada kejuaraan yang sama regu Paralayang Indonesia berhasil menempati peringkat satu (Tim Rajawali) dan peringkat tiga (Tim Garuda) untuk kategori beregu umum.

SEA Games XXVI 2011 yang dilaksanakan di Indonesia menjadi pembuktian supremasi Penerbang Paralayang Nasional di Tingkat regional dengan memenangkan 10 medali emas dari 12 medali yang diperebutkan Indonesia menjadi juara umum Paralayang SEA Games XXVI. Pada PGAWC 2012 penerbang putri Indonesia Lis Andriana kembali menjadi juara dunia dengan menjuarai kejuaraan PGAWC seri II (Malaysia) dan seri III (Montenegro). Tahun 2013 di Painan Indonesia, atlit putri paralayang kembali melakukan sapu bersih pada seluruh nomor putri.

Selain dari segi prestasi, Paralayang menjadi salah satu olah raga yang memiliki unsur rekreatif yang tinggi, melayang di udara selama 15 - 45 menit sambil menikmati pemandangan danau toba yang indah bisa menjadi salah satu daya tarik wisata bagi kawasan danau toba. Hal ini didukung pula dengan bentuk tebing-tebing di kawasan danau Toba yang sangat potensial menjadi lokasi penerbangan paralayang dan memiliki pemandangan yang memukau.

Pada Festival Danau Toba kali ini kompetisi paralayang yang dimulai tanggal 11-14 September akan mempertandingkan tiga kategori, yaitu kategori ketepatan mendarat Junior, kategori Ketepatan mendarat senior dan nomor yang paling unik yaitu kategori Ketepatan mendarat air pada tanggal 14 september. Ketepatan mendarat air mengharuskan penerbang untuk mendaratkan dirinya tepat diatas target yang berada di permukaan danau Toba. Dengan memperebutkan total hadiah sebesar 223 juta kompetisi paralayang ini dijamin akan menjadi tontonan yang menarik.

Lokasi take off kompetisi ini akan dilakukan dari bukit Sihulakhosa dan mendarat di bukit Beta yang tidak jauh dari lokasi acara-acara kebudayaan Festival Danau Toba. Sementara lokasi pendaratan kategori ketepatan mendarat air berada di teluk Tuk-tuk yang lokasinya dapat terlihat dengan jelas dari bukit beta. Selain para penerbang nasional, penerbang dari negara tetangga juga akan ikut berpartisipasi pada kompetisi kali ini.

Selain pertandingan adu ketangkasan mendarat para penerbang, pengunjung pun bisa ikut mencoba merasakan sensasi terbang dengan menggunakan jasa para penerbang tandem yang tersedia sebelum hari pertandingan pada tanggal 9-10 September. 

TAGS : paralayang,festival danau toba 2013

Berita Terkait

ICONIC EVENTS

Popular Tags

, , sumatera utara, world drum festival, 2013, 2014, agrotourism to strawberry farms, agrowisata, agrowisata ke kebun stroberi, air terjun, atlet, baktiraja, bali, bandara silangit, batak, bengkulu, brastagi, budaya, butet, cave, dairi, danau, danau toba, deleng kutu, deli serdang, deliserdang, destinasi wisata, ditabuh, dol, ekonomi kreatif, engrang, fdt, fdt2013, festival danau toba, festival danau toba 2013, festival danau toba 203, food court, gendang, glittering, golf, gondang naposo, guntur sitohang, gunung, haranggaol, huta, itak gurgur, jalan tol, karnaval, karnaval sigale-gale, karo, komposer, kopi, kuala namu, kualanamu, kuliner, kuliner batak, kuntulan banyuwangi, lagu, lake, lake toba, lau kawar, lumbini, main stage, mangebang, mangindar simbolon, marjalengkat, martabe, masyarakat sumatera utara, medan, mendarat, meriah, mi gomak, museum, nanas, north sumatera, obat, open stage, paduan suara, pakpak bharat, pangururan, pantai, paragliding, paralayang, parapat, parekraf exibition, pematang siantar, pembukaan fdt, perahu naga, permainan, permainan tradisional, pulau samosir, rakyat, renang, renang rakyat, ritual, royal boat, rumah, samosir, sembahe, seni, siantar, sibayak, sibolangit, sidikalang, sigale-gale, sigarautang, silalahi, simanindo, sinabung, sipiso-piso, sisingamaraja xii, sitinjo, solu bolon, sulang, sumatera, sumatera utara, sumatra barat, tanjung morawa, tapanuli, teri medan , the glittering, tigaras, toba samosir, tobasa, tor tor, tortor, tortor sawan, tradisional, traditional games, tuktuk, ulos, umatera utara, wisata, wisata religi, wisatawan, world drum festival, world super swim, adat, air terjun, air terjun dua warna, antara, artikel, bandara, batak, batu gantung, batu kemang, bermain, budaya, bukit, cermin, dan, danau, dari, destinasi wisata, di, eksotisme, fdt, festival, festival danau toba 2013, foto, garinghau, geopark, gundaling, hill park, ikan pora-pora, jeruk, kain ulos, kampung bunga, keberadaan, kuliner, kuliner batak, lau debukdebuk, lestarikan, lomba, marjalengkat, masyarakat, menangkap, musik, naniura, oleh-oleh, onan balerong, opera, pantai, paralayang, parekraf expo, park, pembukaan fdt, penulisan, perabot, pisang, pustaha, raja, renang, rumah adat, salib kasih, sastra, sembahe, sibaganding, sibolangit, sigalegale, solu bolon, speleologi, sumatera utara, surat, taman alam, theme, toba, upaya, utara, warisan, waterboom, wisata cagar alam, workshop, world drum festival, 2013

LATEST POST

Twittter

Facebook

Youtube

fdt2013 support fdt2013 support fdt2013 support fdt2013 support fdt2013 support fdt2013 support
E-Newsletter
Join us today and you will receive lots of useful updates delivered directly on your e-mail
simalungun samosir tobasamosir humbanghasundutan taput pakpakbharat karo pemkab-asahan dairi tanjungbalaikota pematangsiantarkota #

Copyright © 2013 Toba Lake Festival. All right reserved.